Jumat, 26 Februari 2010

KOMPUTER DAN MASYARAKAT

1. Haruskah Webcam diinstall di ruang kelas agar orang tua dapat mengamati anak – anak mereka dari rumah atau tempat kerja via internet??


Webcam maupun CCTV adalah suatu komponen peripheral bagian dari komputer yang berupa kamera dan disambungkan ke suatu komputer server yang dapat diakses melalui komputer – komputer jejaring maupun internet. Webcam dan cctv camera dapat diletakkan pada tiap ruangan seperti kantor – kantor, supermarket maupun instansi – instansi pendidikan seperti sekolahan.

Tujuan dipasangkannya device tersebut adalah untuk beberapa hal misalnya:

Untuk pemantauan dari segala hal seperti menghindari kejahatan, memantau para pekerja dan juga untuk pemantauan seorang murid di sekolahan.

Menurut kami pemasangan webcam dan camera di ruang kelas diperlukan sekali jika untuk pemantauan dan menjaga penyelewengan dan ketidakseriusan seorang siswa pada saat di kelas. Sehingga bisa dilihat proses pembelajaran yang berlangsung .Kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat akan sangat membantu para wali murid untuk kemajuan para anak – anak.


2. Perlukah guru mengirimkan catatan kepada orang tua lewat e-mail ketimbang memberikannya via siswa?

Seiring perkembangan teknologi informasi saat ini khususnya internet, pemanfaatan email sebagai media pengirim dan penerima informasi sangatlah tepat sekali apabila diimplementasikan sebagai media komunikasi antara guru dan orang tua siswa. Karena dengan e-mail guru dapat memberitahukan informasi tentang aktivitas putra-putrinya, surat izin, biaya sekolah tambahan, kemajuan siswa dan hal-hal yang bersifat mendesak secara real time, cepat dan tepat.

Beda halnya apabila guru memberikan catatan tersebut via siswa. Banyak resiko yang harus ditanggung. Dan kemungkinan tidak sampainya catatan ke tangan orang tua itu lebih besar, terlebih apabila catatan itu berupa surat teguran, kalau anak tersebut melanggar suatu aturan di sekolahnya. Selain itu banyak para siswa-siswi yang masih suka membohongi orang tua mereka. Misalnya dalam hal pembayaran, banyak siswa-siswi yang melebih-lebihkan SPP, pembelian buku, uang gedung mereka dengan tujuan mendapat uang saku tambahan. Atau dengan kata lain korupsi kecil-kecilan. Selain itu banyak orang tua khususnya di kota-kota besar yang sibuk dengan pekerjaannya, sehingga mereka jarang sekali atau bahkan tidak pernah berkomunikasi dengan putra-putri mereka. Sehingga dengan pemanfaatan e-mail segala resiko itu dapat diminimalisir. Selain itu Yahoo Messenger juga bisa diterapkan dalam hal ini. Tetapi alangkah baiknya apabila baik guru dan orang tua siswa mengenal satu sama lain secara nyata, yaitu melalui komunikasi tatap muka. Mungkin setiap satu semester sekali yaitu dalam pengambilan raport. Jadi pemanfaatan e-mail disini hanyalah sebagai media pelengkap dalam berkomunikasi saja. Karena kenyataannya disekitar kita banyak orang tua yang bahkan sama sekali belum mengenal apa itu komputer. Dan masih ada juga sekolah yang belum memiliki akses internet.

Jadi menurut kami hal itu dilihat situasi dan kondisi sekolah dan orang tua siswa terlebih dahulu. Apabila sekolah dan orang tua sudah tersedia akses internet dan mereka bisa memanfaatkannya maka hal itu bisa dilakukan dan akan memberikan dampak yang positif. Tetapi apabila belum tersedia maka hal itu belum bisa dilaksanakan.




1 komentar:

  1. numpang copas ya gan,, buat tugas kuliah,, sumbernya q tulis koq,, hehe

    BalasHapus